Bilqis Althoofitriyah, Siswi MAN 1 Yogyakarta, Raih Juara 1 Lomba Video Edukatif Tingkat Nasional

08 Jun 2022, 00:08 MAN 1 Yogyakarta 580

this used to be photo

Kota Yogyakarta (MAN 1 Yk) – Membagi waktu untuk mengikuti kompetisi sembari menempuh Penilaian Akhir Tahun (PAT) bukanlah suatu hal yang mudah. Namun, setiap kesulitan selalu memiliki pemecahannya masing-masing. Pemecahan masalah yang mungkin telah berhasil diaplikasikan oleh Bilqis Althoofitriyah H, siswi MAN 1 Yogyakarta, dengan keberhasilannya meraih juara 1 lomba video edukatif, Minggu (06/06/2022).

Keberhasilan menjadi juara pada lomba video edukatif tersebut didapatkan di kala Bilqis, biasa ia dipanggil, masih bergelut dengan Penilaian Akhir Tahun yang dijadwalkan baru akan berakhir pada hari Jumat tanggal 10 Juni 2022.

“Saya sangat bersyukur atas keberhasilan ini. Hal ini sekaligus menjadi motivasi dan bukti bahwa meskipun kita sedang berada di tengah-tengah pelaksanaan PAT, kita masih bisa memanfaatkan waktu luang untuk melakukan hal yang positif, seperti mengikuti berbagai jenis lomba dan lain sebagainya,” terang Bilqis dengan penuh rasa syukur.

Lomba yang diikuti Bilqis merupakan lomba membuat video kreatif yang diselenggarakan oleh Kreativi_seni dengan tema “cita-cita”. Bilqis menjelaskan jika video yang ia buat berisikan tentang pengertian cita-cita kemudian pengaruh lingkungan terhadap cita-cita yang tiap anak miliki dan usaha-usaha yang bisa kita lakukan untuk mewujudkan cita-cita kita.

Terdapat fakta menarik dalam proses pembuatan video dimana video edukatif yang Bilqis buat merupakan kumpulan dari beberapa video lama yang telah tersimpan pada galeri yang berisikan kegiatan-kegiatan Bilqis selama ini.

“Cuplikan-cuplikan video pada video kreatif tersebut saya dapat dari video-video yang ada di galeri saya sebelumnya. Saya sangat senang mengabadikan momen-momen yang terjadi di sekitar saya. Saat saya tahu jika ada lomba ini, saya berpikir jika video-video lama saya akan bisa menjadi lebih menarik dan bermanfaat,” tambah siswi yang bercita-cita menjadi dokter spesialis ini.

Usia-usia remaja seperti yang dijalani Bilqis saat ini merupakan masa dimana seseorang sedang mencari jati diri. Oleh karena itu, Bilqis berencana untuk mengikuti setiap kegiatan ataupun perlombaan yang memungkinkan untuk diikuti sampai pada akhirnya menemukan passion yang ada pada dirinya.  Sebagaimana Jennifer Lim, author sebuah buku berjudul Age-Related Macular Degenaration, menulis dalam bukunya “Mistakes are proof that you are trying.”

Kesalahan adalah bukti bahwa kita pernah mencoba, mereka yang tidak pernah membuat kesalahan adalah mereka yang takut untuk mencoba. Maka, sejalan dengan yang dikatakan Bilqis bahwa kita sebagai manusia hanya punya kapasitas untuk mencoba dan berusaha. Sukses atau tidaknya usaha kita merupakan hak prerogratif dari Allah SWT sebagai sang khalik. Tapi satu yang perlu diingat, tidak ada kesuksesan tanpa mau untuk mencoba. (bai/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Penuhi Aktivitas Positif di Bulan Ramadhan, Romansa El Hakim Laksanakan Kegiatan Delegasi TPA 1445 H
01 Apr 2024, 09:15

Berbagi Kasih di Panti Asuhan: Romansa El-Hakim bersama Satgas Galaksi, PIK-R Exalta, KIR LIBA, Tonti Sagara, dan Bara Mansa Menyalurkan Bantuan dan Kegembiraan untuk Anak-Anak Panti Asuhan
01 Apr 2024, 09:07

Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Penghargaan Silver Medals di Ajang Internasional Festival Of Engineering and Science di Tunisia 2024
30 Mar 2024, 14:00

Tutup Rapat Kerja 2024, MAN 1 Yogyakarta Hasilkan Inovasi dan Program
17 Mar 2024, 09:25

Keitsya Putri Payana Siswa MAN 1 Yogyakarta Raih Medali Perak pada Kejuaraan POPDA Daerah Istimewa Yogyakarta Cabor HAPKIDO 2024
15 Mar 2024, 13:50