Siswa MAN 1 Yogyakarta Raih Juara 2 Lomba Cerdas Cermat Pariwisata #12 Tingkat Nasional Tahun 2023

06 Nov 2023, 16:55 MAN 1 Yogyakarta 348

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 Yogya) -- Qinarsyah Maulana Atmadani, Hanif Muflih Ristyawan, dan Muhammad Nabil Hibatullah berhasil meraih juara 2 Lomba Cerdas Cermat Pariwisata Tingkat Nasional Tahun 2023 yang diselenggarakan oleh jurusan D4 Prodi Bisnis Perjalanan Wisata di Departemen Bahasa, Seni dan Manajemen Budaya Sekolah Vokasi UGM.

Lomba cerdas cermat ini diselenggarakan di Ballroom Teaching Industry Learning Center UGM Lantai 2, pada hari Minggu, (29/10/2023), pukul 06.30 WIB (open gate) hingga closing ceremony yang berakhir pada pukul 17.30 WIB. Olimpiade Pariwisata Tingkat Nasional Tahun 2023 ini mengangkat tema: ‘Unlock The Hidden Treasure of Tourism dan Temukan Rahasia Nusantara, Aset Unggul Pariwisata Indonesia’.

Perjuangan mereka bermula dari mendaftar lomba dan berinisiatif belajar secara mandiri. Mereka juga mulai intens belajar dengan pembina, Suci Ambar Wati, S.Pd. Mereka fokus memahami materi lomba seperti menghafal tugas-tugas Event Organizer (EO), menghafal kode-kode International Air Transport Association (IATA), serta memahami struktur dan tugas pelaku industri pariwisata. Mereka melakukan latihan soal melalui modul dan beberapa platform pembelajaran lainnya. 

Perlombaan sengit mereka lalui dari babak penyisihan pertama dan kedua dengan soal pilihan ganda. Babak ini memerlukan satu perangkat handphone/tab untuk masing-masing tim.

Penyaringan dengan babak semifinal menggunakan metode 5 soal wajib untuk setiap tim dan 5 soal rebutan. Semifinal mengambil 3 tim dengan skor tertinggi dan akan berlanjut pada babak final. Penentuan pemenang di babak final menggunakan metode lomba yang sama dengan babak semifinal.

Qinar sebagai perwakilan tim mengikuti lomba karena ingin mencari pengalaman yang baru dari passionnya yaitu di bidang pariwisata seperti Meetings, Incentives, Conventions, and Exhibitions (MICE). Dengan mengikuti lomba, Qinarsyah juga ingin mengharumkan nama sekolah.

“Cerdas cermat mengajarkan kita untuk selalu cermat, memperbanyak literasi dan relasi, serta membangun teamwork untuk membangun dreamwork,” tutur Qinar.

"Teruslah berjuang dan berdoa serta bertaqwa. Karena perjuangan dan usaha tak akan mengkhianati hasil dan Allah tidak akan meninggalkan hamba-Nya yang telah berusaha. La yukallifullahu nafsan illa wus'aha, Inna mahal usri yusra!" Ujarnya memotivasi siswa-siswi MAN 1 Yogyakarta agar terus bersemangat dalam mencetak prestasi. (iza/ar)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Latih Jiwa Kedisiplinan Para Peserta Didik Baru, TONTI SAGARA kembali Adakan Pelatihan Baris Berbaris pada MATSAMA 2024
17 Jul 2024, 22:56

Tak Hanya Baris Berbaris, PBB TONTI SAGARA MAN 1 Yogyakarta juga Ajarkan Etika dan SATOTEMA
17 Jul 2024, 22:48

Kuatkan Karakter Islami Dan Komitmen Berprestasi, MAN PK MAN 1 Yogyakarta Selenggarakan MASTASIA
17 Jul 2024, 10:56

Awal Tahun Ajaran Baru Siswa-Siswi Kelas XI A MAN 1 Yogyakarta Secara Langsung Belajar Teknik Pemugaran Cagar Budaya di Candi Sewu.
17 Jul 2024, 08:52

Demi Kesuksesan Tahun Pelajaran Baru 2024-2025, MAN 1 Yogyakarta Adakan Rapat Dinas Perdana
16 Jul 2024, 15:05