Berbagi Kasih di Panti Asuhan: Romansa El-Hakim bersama Satgas Galaksi, PIK-R Exalta, KIR LIBA, Tonti Sagara, dan Bara Mansa Menyalurkan Bantuan dan Kegembiraan untuk Anak-Anak Panti Asuhan

01 Apr 2024, 09:07 MAN 1 Yogyakarta 386

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 Yogya) - BERSINAR (Berbagi Bersama di Bulan Ramadhan) adalah kegiatan yang dikoordinir oleh 6 organisasi bidang di MAN 1 Yogyakarta, yaitu: organisasi Romansa El-Hakim, Satgas Galaksi, PIK-R Exalta, KIR LIBA, Tonti Sagara, dan Bara Mansa. Pada hari Kamis, 28 Maret 2024, BERSINAR sukses dilaksanakan dengan berbagi bantuan dan kebahagiaan di Panti Asuhan Khadijah, Panti Asuhan Sinar Melati, dan Rumah Yatim Monjali. 

Kegiatan BERSINAR dilaksanakan dengan tujuan untuk menyalurkan bantuan dan kebahagiaan kepada anak-anak yang tinggal di panti asuhan tersebut serta untuk menyadarkan bahwa sebagian rezeki yang didapat, terdapat hak milik orang lain yang harus diberikan kepada mereka. Kegiatan ini dihadiri oleh anggota-anggota dari organisasi Romansa El-Hakim, Satgas Galaksi, PIK-R Exalta, KIR LIBA, Tonti Sagara, dan Bara Mansa. Tak lupa, kegiatan BERSINAR juga dilaksanakan dengan bantuan donatur-donatur yang berasal dari berbagai lapisan masyarakat. Para peserta kegiatan tidak hanya memberikan bantuan materi seperti sembako, perlengkapan sekolah, dan perlengkapan harian lainnya, tetapi juga berbagi waktu dan kebersamaan dengan anak-anak panti asuhan. 

Kami menghabiskan waktu menunggu adzan maghrib di Panti Asuhan Khadijah dengan memberikan penyuluhan anti narkoba oleh Satgas Galaksi dan praktik ilmiah sederhana yang dibawakan oleh KIR LIBA. Praktik yang dilakukan adalah praktok lada air, praktik rainbow drop, dan praktik lava lamp. Selanjutnya di Panti Asuhan Sinar Melati, ada Tonti Sagara yang memberikan pemaparan terkait aksi bela negara dan kedisiplinan serta PIK-R Exalta yang melakukan kegiatan fun meronce bersama anak-anak panti asuhan. Di Rumah Yatim Monjali, ada Bara Mansa yang mengajak anak-anak panti asuhan untuk melukis gerabah bersama dan dilanjutkan berbincang santai oleh Romansa El-Hakim. 

Salah satu momen paling mengharukan dari acara tersebut adalah ketika anak-anak panti asuhan bersama-sama dengan kami melaksanakan buka puasa bersama. Ada banyak tawa ketika kami bermain dan berbincang bersama para anak-anak, yang menunjukkan kegembiraan kita bersama. Acara berbagi di Panti Asuhan Khadijah, Panti Asuhan Sinar Melati, dan Rumah Yatim Monjali adalah bagian dari misi sosial kami untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat setempat. Kami berharap bahwa kegiatan ini tidak hanya memberikan manfaat materi, tetapi juga meninggalkan kesan di hati para anak-anak panti asuhan dan memberikan inspirasi bagi lebih banyak orang untuk terlibat dalam aksi sosial. 

Dzinniroh Zaahidah atau sering disapa dengan Azzah, sebagai ketua panitia mengungkapkan bahwa ia bersyukur kegiatan BERSINAR dapat terlaksana dengan lancar, meskipun persiapan hanya dilakukan kurang dari 1 bulan. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada para donatur, karena sudah memberikan sebagian rezekinya kepada anak-anak panti asuhan dan mendoakan kebaikan para donatur dibalas oleh Allah SWT. Azzah menjelaskan bahwa kegiatan BERSINAR tahun ini berbeda konsep dengan tahun lalu, yang dimana BERSINAR tahun sebelumnya diadakan di 1 panti, namun tahun ini dilaksanakan di 3 panti dan tentu memerlukan koordinasi yang cukup sulit. Namun, koordinasi antar panitia yang berada di 3 panti yang berbeda terjalin dengan sangat baik sesuai dengan harapan Azzah. Ia juga mengungkapkan kebanggaannya kepada para panitia yang terlibat di acara BERSINAR ini, karena Azzah merasa tugas ketua panitia hanya sebagai penggerak dan tanpa anggota lainnya kegiatan BERSINAR ini tidak akan terlaksana dengan lancar.

Azzah mengucapkan terima kasih kepada perwakilan organisasi Satgas Galaksi, PIK-R Exalta, KIR LIBA, Tonti Sagara, dan Bara Mansa untuk bantuannya yang sangat banyak dalam BERSINAR ini karena Romansa El-Hakim merasa sangat terbantu dengan adanya kolaborasi ini yang dimana harapannya dapat menjadi tali silaturahmi untuk kita, bukan hanya di bulan Ramadhan saja, tapi juga di bulan-bulan lain hingga di akhir periode nanti. Harapan dari Azzah untuk BERSINAR ke depannya dapat lebih baik lagi dan apabila di tahun ini ada kesalahan, kita dapat jadikan sebagai bahan evaluasi bersama sehingga meminimalisasi kesalahan tersebut terulang di masa depan dan semoga tahun depan persiapan dapat dilakukan dengan lebih matang. 

Abdi, penanggung jawab Panti Asuhan Sinar Melati turut mengungkapkan bahwa ia merasa senang karena mendapat kunjungan dan berharap anak-anak Panti Asuhan Sinar Melati dapat menikmati kegiatan BERSINAR ini. Abdi juga berharap melalui BERSINAR ini dapat merekatkan silaturahmi antara MAN 1 Yogyakarta dengan yayasan Panti Asuhan Sinar Melati. Tak lupa, ia juga berdoa semoga Allah SWT membalas kebaikan para panitia dan donatur atas donasinya dan telah membuat adik-adik di Panti Asuhan Sinar Melati merasa senang. (nfis)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54