Meneliti sambil Refreshing, Organisasi KIR LIBA Adakan Kegiatan Plesir ke Museum Cokelat Monggo

05 May 2024, 15:12 MAN 1 Yogyakarta 161

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 Yogya) -- Organisasi Siswa MAN 1 Yogyakarta di bidang riset  yang kerap disapa KIR LIBA mengadakan kegiatan Penelitian sambil Refreshing (PLESIR) bersama beberapa anggotanya di Museum Cokelat Monggo yang berlokasi di Jl. Tugu Gentong, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Kab. Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Rabu (1/5/2024).

Sesuai namanya, PLESIR diadakan dengan tujuan untuk melakukan riset secara mendalam dengan mengunjungi lokasi secara langsung. Kegiatan ini diikuti 26 peserta dan diarahkan oleh panitia yang keduanya berasal dari kelas 10 maupun 11. Pembina organisasi KIR LIBA turut pula mendampingi selama kegiatan berlangsung.

Kegiatan diawali dengan berkumpul terlebih dahulu dan melakukan registrasi pada pukul 08.00 WIB di Madrasah Aliyah Negeri 1 Yogyakarta. Seluruh peserta dan panitia mengendarai bus bersama-sama untuk menuju lokasi yang berdurasi kurang lebih 45 menit dari madrasah. Ketika telah tiba di destinasi, peserta disambut ramah dan diarahkan oleh tour guide dari Museum Coklat Monggo untuk berbaris rapi sebelum memasuki museum.

Semangat bergelora dari seluruh peserta KIR LIBA ketika diajak berkeliling mengunjungi satu-persatu ruangan yang memanjakan mata. Tak hanya sekadar berjalan-jalan, mereka pula diperlihatkan pabrik Cokelat Monggo dan proses pembuatan cokelatnya, mulai dari cara memilih kokoa yang ideal hingga pengemasan coklatnya secara langsung. Peserta juga diberikan pengalaman baru yang berharga yaitu membuat cokelat serta menghiasnya melalui panduan yang diberikan.

Sembari menikmati perjalanan, peserta diminta mengolah informasi yang mereka dapatkan pada rangkaian kegiatan dan menuangkannya dalam bentuk video vlog maupun infografis yang nantinya diunggah pada media sosial Instagram.

“Infografis maupun video vlog diharapkan dapat menjadi media menambah pengetahuan, tak hanya untuk peserta plesir, tetapi juga kepada masyarakat mengenai cokelat dan perkembanganya dari zaman ke zaman,” ucap Kania, selaku panitia acara.

Kegiatan diakhiri dengan fun games dan foto bersama. Tampak antusiasme yang membara dari seluruh peserta terhadap kegiatan ini. Tak hanya belajar banyak hal dan mendapatkan pengalaman baru, Penelitian sambil Refreshing ini dibungkus menarik sehingga peserta dapat menikmati kegiatan sebagai hiburan di hari libur. (haf)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Cetak Langkah Baru, Tim Nasyid Mansa Voice Juara 3 Lomba Nasyid se-DIY
17 May 2024, 17:31

Kembali Hadirkan Prestasi, Siswi MAN PK MAN 1 Yogya Juara Musabaqah Fahmil Quran 2024
17 May 2024, 17:26

Kemenangan Gemilang: Ganda Campuran MAN 1 Yogya Juara 1 PKM Bulu Tangkis
17 May 2024, 17:17

Juwita Wahyu Zahra, Siswi MAN 1 Yogya, Raih Medali Emas Cabor Pencak Silat POPDA DIY 2024
17 May 2024, 17:09

Kembali Bawa Pulang Piala, Aisyah Qisthy, Siswi MAN 1 Yogya Raih Posisi Pertama Lomba MHQ
17 May 2024, 17:03