Memotret Emansipasi Wanita, Daffa Putera Siswa MAN 1 Yogyakarta Meraih Juara 3 Lomba Fotografi

18 May 2023, 07:56 MAN 1 Yogyakarta 337

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Daffa Putera Tyan Adinata siswa MAN 1 Yogyakarta berhasil meraih juara 3 pada lomba fotografi yang diselenggarakan oleh SMAN 38 Jakarta, pada 26 April sampai 3 Mei 2023.

Siswa yang akrab disapa Daffa itu menuturkan, berawal dari informasi lomba di sebuah media platform Instagram, ia tertarik dengan tema sekaligus kategori lomba yang ditujukan untuk siswa SMA sederajat. Tema yang diusung adalah “Emansipasi Wanita" dalam rangka memperingati hari Kartini.

Tetangganya yang kebetulan bekerja di pasar menjadi pilihan Daffa sebagai objek utama dalam fotonya. Usaha Daffa untuk mendapatkan foto terbaik juga harus diacungkan jempol, ia harus membagi waktu antara mengikuti ajang fotografi dan juga sekolah. Bahkan ia rela bangun lebih pagi agar bisa mendapat foto terbaik dan setelahnya harus pergi sekolah. Hasil fotonya ia beri judul “Wanita Kuat, Wanita Hebat”.

Ungkapnya, di balik foto yang indah, ia menggunakan kamera DSLR keluaran tahun 2013, yang artinya, untuk mencapai sebuah prestasi bukanlah berdasarkan kecanggihan media tersebut, melainkan bagaimana keinginan, kemampuan dan kepercayaan diri masing-masing. 

Di balik kesuksesannya, ada banyak hal yang memotivasinya. “Saya ingin melatih skill dan hobi di bidang nonakademik, mendapatkan sertifikat perlombaan yang akan berguna untuk masuk ke universitas, selain saya juga ingin memotivasi teman-teman untuk ikut perlombaan  dan yang terakhir untuk menambah uang jajan,” ujarnya pada wawancara, Rabu (17/05/2023).

Daffa juga memberikan semangat untuk teman-teman agar bisa meraih prestasi di bidang masing-masing.

“Untuk yang masih ragu, ayo dicoba ikut lomba. Entah itu akademik atau nonakademik, ikut aja sesuai kemampuan diri masing-masing. Jangan takut kalah, kalaupun kalah bisa mencoba lagi,” tuturnya memotivasi para siswa agar dapat meraih prestasi sesuai bidangnya masing-masing. (nay/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54

Penuhi Aktivitas Positif di Bulan Ramadhan, Romansa El Hakim Laksanakan Kegiatan Delegasi TPA 1445 H
01 Apr 2024, 09:15

Berbagi Kasih di Panti Asuhan: Romansa El-Hakim bersama Satgas Galaksi, PIK-R Exalta, KIR LIBA, Tonti Sagara, dan Bara Mansa Menyalurkan Bantuan dan Kegembiraan untuk Anak-Anak Panti Asuhan
01 Apr 2024, 09:07

Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Penghargaan Silver Medals di Ajang Internasional Festival Of Engineering and Science di Tunisia 2024
30 Mar 2024, 14:00