Perwakilan MAN 1 Yogyakarta Jadi Saksi Sejarah Terbentuknya Forum Agen Perubahan Kemenag RI

09 Jun 2022, 07:56 MAN 1 Yogyakarta 794

this used to be photo

Kota Batu (MAN 1 YK) -- Hari pertama Pembinaan dan Pembahasan Forum Komunikasi Agen Perubahan Kementerian Agama Tahun 2022, Rabu (8/6/2022) dimulai pada pukul 16.00 WIB, dengan diawali dengan kegiatan Sharing moment bersama Agen Perubahan dari Kementerian/Lembaga lain.

Apriyata Dzikry Romadhon sebagai perwakilan MAN 1 Yogyakarta mengikuti kegiatan yang diinisiasi Biro Organisasi dan Tata Laksana (Ortala) ini dengan seksama, antusias dan penuh semangat.

Kegiatan dibuka oleh Kepala Bagian Fasilitasi Reformasi Birokrasi dan Pelaporan Biro Ortala Kemenag RI, Kartika Damayanti, S.Kom, M.M, yang akrab disapa Panglima AP (Agen Perubahan). Adapun yang hadir sebagai narasumber adalah AP Vevi  Abidianawati dari Lapas Wanita Kelas IIA Kota Malang dan AP Roy Pambudi Wibowo dari Kantor Imigrasi Malang, yang berhasil membawa instansinya meraih predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi-Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

AP Vevi dan AP Roy membagikan pengalaman mereka mengenai perjalanan instansinya meraih WBK-WBBM, selain itu juga menjelaskan bagaimana seharusnya menjadi Agen Perubahan yang sesungguhnya. Kegiatan ini tidak hanya di ikuti 79 AP Kemenag yang hadir di Hotel Singhasari Resort Kota Batu, namun juga seluruh AP Kemenag di seluruh Indonesia melalui Zoom.

Pada sesi diskusi yang dipimpin Tika sang panglima AP. Karena keterbatasan waktu maka hanya enam pertanyaan yang disampaikan para AP, baik secara luring maupun daring. AP Vevi dan AP Roy dengan lugas dan jelas menjawab setiap pertanyaan, seperti mengenai strategi, trik, inovasi serta peran AP untuk mewujudkan WBK-WBBM. 

Pada sesi malam dilanjutkan dengan acara pembukaan yang dimulai pukul 19.30 WIB. Acara dibuka oleh Kabag TU Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Timur, Dr. Nawawi, M.Fil.I. Kegiatan selanjutnya yaitu pemilihan ketua agen perubahan Kemenag 2022-2025. Setelah pembahasan tata tertib dan penentuan calon ketua maka pemilihan pun dilaksanakan secara voting. 

Pada kegiatan tersebut, Apriyata ditunjuk sebagai satu dari tiga saksi penghitungan suara. Pada malam itu, semua yang hadir menjadi saksi sejarah terbentuknya forum agen perubahan Kemenag. Forum ini akan menjadi pijakan kuat bagi seluruh AP untuk melakukan perubahan yang memberikan kontribusi besar untuk Kemenag RI, khususnya satuan kerja AP. Hal ini menjadi modal bagi Apriyata untuk terus berinovasi dan berkarya untuk MAN 1 Yogyakarta.

Kegiatan yang selesai pukul 23.30 WIB tersebut, menetapkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Malang Dr. Muhtar Hazawawi M.Ag sebagai Ketua Agen Perubahan Kementerian Agama pertama yang terpilih. (adr/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Rayakan Milad ke-9 Organisasi Mansa Journalist Gelar Acara Meriah
04 May 2024, 13:33

Bertemu untuk Saling Mengenal dan Memaafkan, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Mengadakan Halal Bi Halal Keluarga Besar Baramansa
03 May 2024, 18:35

Bangun Fisik dan Mental Karakter Tangguh, KPGR MAN 1 Yogya Selenggarakan Edukasi Olahraga Arus Deras
28 Apr 2024, 21:45

Bersiap Menyambut PTA L dan MAHABAKTI XXXVI, Pramuka MAN 1 Yogyakarta Adakan Technical Meeting
28 Apr 2024, 12:28

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15