Pramuka MAN 1 Yogyakarta Raih Juara Umum Perkemahan Siswa Madrasah Tahun 2023

26 May 2023, 08:04 MAN 1 Yogyakarta 417

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Pramuka MAN 1 Yogyakarta berhasil raih prestasi juara umum pada Perkemahan Siswa Madrasah (Perkasisma) III tahun 2023, Senin-Rabu (22-24/05/2023) di Bumi Perkemahan Memorial Camp, Sentolo, Kulon Progo Yogyakarta.

Kegiatan ini diikuti 544 peserta se-DIY,  yang diselenggarakan oleh Bidang Pendidikan Madrasah Kanwil Kemenag DIY dalam rangka menyemarakkan kembali Pendidikan Kepramukaan di Madrasah dengan tema "Mewujudkan generasi yang mandiri, moderat, dan berprestasi". 

Rangkaian kegiatan berlangsung 3 hari 2 malam terdiri dari giat umum, giat penyuluhan, giat prestasi, dan giat bakti. Giat umum terdiri dari; Upacara Pembukaan, Keagamaan, Apel, Olahraga, Api Unggun dan Upacara Penutupan. Giat penyuluhan terdiri dari; Penyuluhan Narkoba, Mitigasi Bencana, Bimbingan Remaja Usia Sekolah (BRUS), dan Moderasi Beragama. Sedangkan Giat Bakti terdiri dari; Peduli Kebersihan dan Peduli Dhuafa. 
Kemudian terdapat Giat Prestasi yang terbagi menjadi 2, yaitu giat prestasi madrasah dan giat prestasi sangga. Giat Prestasi Madrasah terdiri dari; Kreasi Penjor dan Pentas Seni (Pensi).

Pramuka MAN 1 Yogyakarta menampilkan Tari Kreasi Nggunungan. Kemudian Giat Prestasi antar sangga terdiri dari; Kaligrafi, Poster, Komunikasi Lapangan (Komlap), Mendirikan Bivak, Masak Rimba, Pionering, Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), dan Reels.

Rangkaian kegiatan tersebut ditutup dengan upacara penutupan. Setelah rangkaian upacara penutupan terlaksana, dilanjut dengan pengumuman sekaligus pemberian penghargaan kepada pemenang giat prestasi Perkasisma III.

Dari pengumuman tersebut, Kontingen Pramuka MAN 1 Yogyakarta berhasil meraih 12 piala Perkasisma III, yaitu Juara 1 Komlap Putra, Juara 2 Komlap Putri, Juara 1 PPGD Putri, Juara 1 Pionnering Putra, Juara 1 Pionnering Putri, Juara 1 Bivak Putra, Juara 3 Poster Putri, Juara 3 Kaligrafi Putra, Juara 1 Reels Putri, Juara 1 Penjor, Juara 1 Pensi, dan tentunya Juara Umum.

"Perkasisma kali ini asik dan berkesan. Kita juga saling kenalan antar madrasah dan satu sama lain. Banyak hal-hal kecil yang membuat berkesan, meski ketika perlombaan kita sempat mengalami beberapa kendala. Tapi Alhamdulillah kita dapat mengatasi itu semua dan membuktikan siapa kita dengan berhasil membawa pulang piala juara umum," tutur Akbar Nugroho salah satu peserta Perkasisma III.

Kepala MAN 1 Yogyakarta Drs.H.Wiranto Prasetyahadi, M.Pd., menyampaikan rasa syukur dan apresiasi yang setinggi-tingginya, kepada Kontingen Pramuka MAN 1 Yogyakarta. Ungkapnya, para siswa peserta kegiatan ini telah berlatih dengan sungguh-sungguh. “Semoga prestasi mereka ini dapat menjadi inspirasi dan motivasi para siswa lainnya,” harapnya. (nfl/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54

Penuhi Aktivitas Positif di Bulan Ramadhan, Romansa El Hakim Laksanakan Kegiatan Delegasi TPA 1445 H
01 Apr 2024, 09:15

Berbagi Kasih di Panti Asuhan: Romansa El-Hakim bersama Satgas Galaksi, PIK-R Exalta, KIR LIBA, Tonti Sagara, dan Bara Mansa Menyalurkan Bantuan dan Kegembiraan untuk Anak-Anak Panti Asuhan
01 Apr 2024, 09:07

Siswi MAN 1 Yogyakarta Raih Penghargaan Silver Medals di Ajang Internasional Festival Of Engineering and Science di Tunisia 2024
30 Mar 2024, 14:00