Tim PMR MAN 1 Yogyakarta Raih Juara 2 Lomba Pertolongan Pertama

27 May 2023, 18:19 MAN 1 Yogyakarta 414

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 YK) -- Tim Palang Merah Remaja (PMR) MAN 1 Yogyakarta baru-baru ini mengukir prestasi, berhasil meraih Juara 2 Lomba Pertolongan Pertama, yang diadTeladan Junior Red Cross (TJRC), Sabtu (20/05/23) di SMAN 1 Yogyakarta.

Terdapat empat anggota Tim PMR MAN 1 Yogyakarta yang dibagi menjadi dua bagian, yaitu; Salsa Alfiya (XI MIPA 1) sebagai peserta kategori pertolongan pertama individu, Atha Rafi Junanda (XI PK), Saka Asyraful (XE), dan Firdaus Khoirul Haq (XA) sebagai peserta kategori pertolongan pertama kelompok. Meski begitu, presentase dalam penilaian lomba ini dijadikan satu antara individu dan kelompok yang membawa mereka menjadi juara 2.

Salsa Alfiya, sebagai ketua PMR DKD 28, saat dihubungi, menuturkan, bahwa persiapan yang dilakukan oleh Tim PMR MAN 1 Yogyakarta adalah dengan latihan rutin setiap harinya sejak dua minggu sebelum pelaksanaan lomba.

“Pada awal latihan, kami berlatih keterampilan dasar seperti; cara membuat mitela yang baik di pendarahan beberapa bagian tubuh, cara membidai, cara menghitung nadi dan nafas serta menentukan frekuensi yang normal. Setelah semua hal dasar tersebut sudah kami pelajari, dilanjutkan dengan menangani kasus secara realistis dan mengikuti seluruh prosedur yang ada. Tak lupa, kami juga mempersiapkan kondisi fisik dan mental sebelum melaksanakan lomba, diiringi doa restu dari berbagai pihak,” ujarnya.

Salsa mengaku, ini adalah lomba pertama yang diikuti olehnya dan teman-teman. Oleh karena itu, menurutnya kesan yang pertama dirasakan ialah nervous. Namun, mereka tetap berusaha menjaga ketenangan saat lomba untuk meminimalisir terjadiya kesalahan demi mendapatkan kemenangan.

“Kami sempat melakukan satu kesalahan dan membuat kami pesimis, tetapi kami doa dan tawakal,” pungkasnya.

Akhirnya, seluruh perjuangan oleh Tim PMR MAN 1 Yogyakarta membuahkan hasil berupa peraihan juara 2. Mereka pula mengakui rasa senang dan bangga yang tak terhingga serta ucapan syukur kepada Tuhan tak henti-hentinya mereka panjatkan. (nad/dzl)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54

Penuhi Aktivitas Positif di Bulan Ramadhan, Romansa El Hakim Laksanakan Kegiatan Delegasi TPA 1445 H
01 Apr 2024, 09:15

Berbagi Kasih di Panti Asuhan: Romansa El-Hakim bersama Satgas Galaksi, PIK-R Exalta, KIR LIBA, Tonti Sagara, dan Bara Mansa Menyalurkan Bantuan dan Kegembiraan untuk Anak-Anak Panti Asuhan
01 Apr 2024, 09:07