Turut Sumbangkan Piala pada Event Madrasah Fest, Alya Shima Raih Juara 3 Bidang RIT

15 Mar 2024, 13:43 MAN 1 Yogyakarta 487

this used to be photo

Yogyakarta (MAN 1 Yogya) – Berita membanggakan kembali datang dari salah satu siswi MANPK MAN 1 Yogyakarta, yaitu Alya Shima yang berhasil raih juara 3 pada cabang lomba Reading Islamic Turast (RIT) event Madrasah Fest 2024. Kegiatan tersebut digelar pada (6-7/3/24) di MAN 3 Sleman. Event ini diselenggarakan oleh Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama DIY. Peserta lomba adalah perwakilan setiap Kabupaten di Provinsi DIY, yang merupakan siswa-siswi MI, MTs dan MA.
 
Untuk meraih juara tentunya Alya melakukan persiapan yang matang. Ia mengungkapkan bahwa dirinya mulai belajar sejak dua minggu sebelum hari perlombaan. Sebagai siswi MANPK yang baru selesai berkegiatan pukul 9 malam, jadi ia baru bisa belajar setelah jam 9 malam, bahkan ia baru selesai belajar pukul 11 malam. Ia mengkaji Kitab Kuning ‘Fathul Qarib' secara otodidak. Ia mempelajari mulai dengan terjemahan per kata, menyalin, berlatih membaca, serta berlatih soal. Setelah belajar secara mandiri, ia baru akan mengoreksi hasil pekerjaannya kepada guru pembimbingnya.
 
Dengan persiapan yang matang, Alya bisa mengikuti lomba dengan minim kendala, walau tidak menutup kemungkinan ada sedikit kendala yang Alya hadapi. Seperti yang Alya ceritakan pada sesi wawancara, ia mengatakan bahwa dirinya sempat kesulitan mengartikan satu kata pada soal, yang ternyata satu kata itu adalah kunci utama dari keseluruhan bacaan. Namun karena dengan doa serta usaha yang sudah ia lakukan sebelumnya, Alya berhasil mengingat arti kata tersebut. Hasil dari usahanya yang maksimal, Alya berhasil meraih Juara 3 dan membawa pulang piala.
 
Di balik kesuksesannya, Alya memiliki motivasi yang selalu mendorongnya untuk terus semangat, yaitu ia ingin membanggakan kedua orangtuanya, ia juga ingin meningkatkan prestasi dan mencari pengalaman baru, ia mengikuti lomba ini untuk membangkitkan kembali semangat yang sempat hilang karena gagal di lomba sebelumnya.

“Jangan pernah lelah untuk terus berprestasi (menuntut ilmu) karena hidup ini akan indah jika dilandaskan dengan adab dan ilmu, serta jika kamu tidak ingin merasakan pahitnya kebodohan di hari tua nanti,” ujar Alya memberi semangat untuk terus menuntut ilmu. (nay/ar)


Bagikan Artikel :


Berita Yang Lain

Gelar Simulasi Tanggap Bencana: Guru dan Siswa MAN 1 Yogyakarta Siap Hadapi
26 Apr 2024, 10:15

MAN 1 Yogyakarta Gelar Sosialisasi Simulasi Tanggap Bencana bersama BPPD DIY
22 Apr 2024, 17:01

MAN 1 Yogyakarta Gelar Apel dan Halal Bihalal Bersama Siswa-Siswi
22 Apr 2024, 16:54

Penuhi Aktivitas Positif di Bulan Ramadhan, Romansa El Hakim Laksanakan Kegiatan Delegasi TPA 1445 H
01 Apr 2024, 09:15

Berbagi Kasih di Panti Asuhan: Romansa El-Hakim bersama Satgas Galaksi, PIK-R Exalta, KIR LIBA, Tonti Sagara, dan Bara Mansa Menyalurkan Bantuan dan Kegembiraan untuk Anak-Anak Panti Asuhan
01 Apr 2024, 09:07